Promo Maret 2019_slide.jpgSlide-Roof-Box.jpgSlide-Web-1.jpgSlide-Web-2.jpgSlide-Web-3.jpgSlide-Web-99ready.jpgSlide-Web-Jas-Hujan.jpgSlide-Web-TiBox.jpgTestimoni-Bukalapak-Wide_C2.jpgTestimoni-Tokopedia-Wide_C2.jpg

Sayangi Bumi dan Isinya, Begini Tips Berkendara Ramah Lingkungan

Dengan harga bahan bakar yang semakin tinggi dan konsumsi yang juga meningkat. Menerapkan tips berkendara ramah lingkungan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Bukan rahasia lagi jika bumi telah lama menderita karena ulah tangan manusia. Meskipun kita tidak bisa menyembuhkan bumi secara langsung, dengan menerapkan cara berkendara ramah lingkungan akan membantu untuk mengurangi pencemaran udara yang dihasilkan gas buang kendaraan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda dilakukan:

1. Antisipasi lalu lintas

Mengantisipasi lalu lintas dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan pedal gas dan rem dalam waktu yang berdekatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa pergeseran cepat, pengereman tiba-tiba dan melakukan akselerasi secara mendadak menggunakan banyak bahan bakar. Dengan mengantisipasi apa yang akan Anda lakukan selanjutnya ketika Anda mengemudi Anda dapat dengan mudah menghemat 33% dari biaya bahan bakar Anda di jalan raya.

2. Perhatikan Kecepatan

Setiap mobil memiliki kecepatan optimal yang berbeda, tetapi secara umum dapat dinyatakan bahwa pada kecepatan lebih dari 80 km/jam mobil mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada yang diperlukan. Jika Anda membatasi kecepatan maka Anda juga mengurangi emisi CO2 yang berdampak pada pencemaran udara.

3. Kurangi beban yang tidak diperlukan

Bahan bakar yang dipakai oleh kendaraan Anda menghasilkan energi yang nantinya akan menjalankan kendaraan. Untuk setiap 50 kilogram berat ekstra, konsumsi bahan bakar meningkat 2%. Ini tergantung pada ukuran kendaraan, efek akan lebih dirasakan pada mobil dengan ukuran kecil dan compact.

4. Hindari berkendara pada jam sibuk

Selama jam sibuk, dan bahkan lebih buruk lagi, dalam kemacetan lalu lintas, ada lebih banyak pengereman dan akselerasi. Ini akan menghabiskan banyak bahan bakar. Rencanakan janji Anda dengan baik. Untuk mengadakan pertemuan diluar kantor, mulailah dengan berkendara satu jam dari rumah, sehingga Anda dapat berkendara  dengan lebih ekonomis dan menjadi lebih santai ketika Anda sampai di lokasi pertemuan. Atau pakai sepeda sekali semingu dan Anda akan dapat menghemat 14-28% pengeluaran pada bahan bakar.

5. Hindari pemanasan mobil yang berlebihan

Memanaskan mesin mobil memang bagus dilakukan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan terbuang banyak bahan bakar dan menghasilkan emisi yang lumayan banyak. Untuk itu, hindarilah pemanasan mesin mobil dengan waktu yang lama, cukup 1 hingga 2 menit dan Anda bisa mengendarai mobil Anda.

6. Batasi penggunaan AC

Ini dapat dilakukan dengan memarkir mobil di tempat yang teduh pada cuaca yang terik dan tidak mengatur AC terlalu dingin. Untuk perjalanan yang singkat usahakan tidak menggunakan AC.

7. Melakukan Perawatan mobil secara rutin

Memeriksa tekanan ban secara teratur selain bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar juga bermanfaat untuk keselamatan Anda dalam berkendara. Perhatikan juga level minyak rem dan kopling, tambah dan ganti jika diperlukan. Hal tersebut dapat memaksimalkan kinerja mobil dan dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi yang dapat mencemari lingkungan.

Bumi bukan hanya untuk saat ini saja, tapi juga untuk anak cucu kita kelak. Gunakan tips berkendara ramah lingkungan di atas untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak menambah polusi berlebih yang bisa ditekan. Save our earth!

Sumber: https://cintamobil.com/pengemudian/sayangi-bumi-dan-isinya-begini-tips-berkendara-ramah-lingkungan-aid2382

CV. THALA